Komunitas Online = Faktor Penunjang Bisnis di Dunia Online?

Terbatas hanya sampai 25 Juli 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Dari sedemikian banyak website populer, memiliki banyak visitor, dan terus-terusan mendatangkan visitor yang banyak, faktor utama yang paling dominan adalah adanya KONTEN yang unique dan KONTINUITAS interaksi user hingga menghasilkan KONEKSI sesama user. Yang pada akhirnya betul-betul bisa menunjang kegiatan bisnis online baik bisnis si pemilik website (sebagai wadahnya) ataupun si masing-masing user yang tergabung di dalamnya.

Maksudnya bagaimana?

Bisnis Online sebagai mana dijelaskan pada artikel sebelumnya yakni "Langkah Awal Berbisnis Menggunakan Toko Online" selengkapnya bisa di baca di sini
http://bisnis.ilmuwebsite.com/2014/08/langkah-awal-berbisnis-online.html , bahwa bisnis online itu berawal ketika Anda betul-betul berbagi Informasi mengenai sesuatu, spesifik, dan orang merasakan manfaat dari website Anda maka dari situlah kemudian orang tersebut terus-menerus datang ke website Anda, menshare artikel dari website Anda, kemudian datanglah visitor dari hasil share dan begitulah seterusnya, hingga visitor membludak.

Sebagaimana konsep AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) bahwa pada mulanya orang itu tertarik terlebih dahulu mengenai konten yang Anda sediakan di dalam website Anda, yang pasti konten itu harus betul-betul unique, unique di sini adalah bukan artikel kopas (copy paste) yang bisa Anda dapatkan dari blog  orang lain, tapi betul-betul hasil tulisan yang original. Meskipun sudah ada yang pernah membahas tapi Anda bisa menjelaskannya dengan gaya yang berbeda. Setelah itu ada kemungkinan orang tersebut itu akan meneliti lebih jauh perihal maksud dan isi dari konten Anda, atau malah langsung men-share via sosmed, instant messaging, atau via email. Itulah yang terjadi di dunia cyber kini.

Pastinya orang akan terus-menerus datang ke website Anda jika merasa website Anda itu betul-betul bermanfaat, dan infonya selalu terus menerus di update. Sehingga rugi sekali jika user yang sudah berkunjung malah tidak mengunjungi kembali di keesokan harinya.

Lantas Komunitas Seperti Apa?

Jika Anda sudah mampu mendatangkan visitor dengan konten bermanfaat yang unique, undang orang untuk terus-terusan datang. Caranya dengan membuat sebuah wadah untuk mendiskusikan lebih lanjut perihal konten unique spesifik yang menurut user tersebut bermanfaat,  sampai akhirnya user menjadi member loyal, mendatangkan lebih banyak visitor ke website Anda.

Sebagai contohnya jika Anda seorang terapis menggunakan herbal, kemudian Anda membuat artikel seputar eksperimen mengenai ramuan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan, maka dipastikan orang-orang yang tertarik dengan bidang ini akan terus-terusan untuk mengikuti perkembangan eksperimen ini, dan juga sangat berniat sekali mendiskusikannya dalam sebuah wadah. Buatlah wadah diskusi, tidak melulu dalam bentuk forum. Saya tidak menganjurkan Anda membuat wadah di sosial media untuk mendiskusikan konten, karena rugi sekali, Anda tidak mendapatkan ruang beriklan yang leluasa nantinya.

Jika sudah banyak visitor dan member loyal? Anda bisa melakukan langkah selanjutnya, Commerce, penjualan. Anda bisa menjual barang-barang yang dibutuhkan oleh komunitas, namun Anda juga mempersilahkan member untuk menjual produk atau jasanya di wadah yang Anda buat.

Jelasnya wadah diskusi ini juga menjadi tempat agar visitor maupun member tidak pergi kemana-mana. :)

Perihal teknis bagaimana caranya, kita akan bahas lebih mendetil lagi di kanan bisnis.ilmuwebsite.com kedepannya.


Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder kaffah.biz

Terbatas hanya sampai 25 Juli 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Ilmu Website

Menyediakan materi pembelajaran gratis seputar Belajar HTML , Belajar Jquery , Belajar PHP , Belajar SEO , Tutorial Wordpress , Tutorial Membuat Website , Web Development, Internet Marketing, Sosial Media Marketing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==