Ini Dia 5 Ide Bisnis Sampingan Karyawan Untuk Penghasilan Tambahan



Menjadi karyawan memang menjanjikan penghasilan rutin bulanan. Hanya saja, kebutuhan sehari-hari terkadang belum mencukupi kalau hanya mengandalkan gaji bulanan. Kalau dalam kondisi tersebut, Anda tak perlu keluar dari tempat kerja dan mencari lokasi kerja baru. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk menjalankan bisnis sampingan karyawan.

Ketika menjalankan bisnis sampingan karyawan, Anda harus memastikan bahwa usaha tersebut tidak mengganggu performa kerja di kantor. Selain itu, usahakan pula untuk mencari jenis bisnis yang butuh modal tidak terlalu besar. Di waktu yang sama, usaha sampingan tersebut juga harus menghadirkan keuntungan yang menjanjikan.

Dengan memperhatikan 3 pertimbangan tersebut, usaha sampingan yang dijalankan bakal benar-benar bisa membawa penghasilan tambahan. Nah, sebagai bahan pertimbangan, berikut ini contoh ide bisnis sampingan karyawan yang dapat Anda jadikan sebagai sumber penghasilan tambahan:

1. Pedagang musiman

Opsi usaha sampingan untuk karyawan pertama yang dapat dipertimbangkan adalah menjadi pedagang musiman. Usaha ini bisa dilakukan secara fleksibel dan tak mengganggu waktu kerja di kantor. Anda bisa memilih untuk menjanjakan produk tertentu pada hari libur. Momen car free day secara khusus jadi waktu yang tepat untuk menggelar dagangan.
Untuk menjanjakan produk di momen car free day juga bisa dilakukan dengan mudah. Anda dapat memanfaatkan kendaraan pribadi sebagai tempat untuk menggelar dagangan. Cara ini cukup efektif, karena Anda tak perlu repot ketika menyiapkan dagangan atau membereskannya.

2. Katering

Kalau Anda atau pasangan memiliki kemampuan memasak yang baik, bisa pula memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan tambahan. Anda dapat menjalankan bisnis sampingan karyawan berupa jasa boga atau katering. Caranya tak perlu sulit. Anda bisa menawarkan makanan kepada teman kerja di kantor. Kalau memang masakannya enak, bisa dipastikan bakal banyak orang yang tertarik untuk memesan makanan kepada Anda.

3. Toko online

Contoh ide bisnis sampingan karyawan selanjutnya adalah dengan menjalankan toko online. Seperti halnya pedagang musiman, Anda bisa mencoba memasarkan beragam jenis barang. Namun, agar aktivitas ini tak terlalu mengganggu waktu kerja kantor, usahakan untuk menjadi reseller.

Cara kerja seorang reseller jauh lebih mudah dibandingkan ketika Anda menyediakan stok barang. Proses pengemasan dan pengiriman barang dilakukan oleh pemasok produk. Selain itu, reseller juga bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Hanya saja, kepercayaan menjadi hal yang begitu diperhatikan ketika memilih bisnis sampingan ini.
Anda bahkan bisa mengelola inventori barang Anda di gudang dengan bantuan teknologi seperti fitur Inventory Management dari aplikasi kasir Moka.

4. Laundry kiloan

Ide bisnis sampingan karyawan yang selanjutnya adalah mendirikan usaha jasa laundry kiloan. Usaha ini bisa dilakukan dengan modal yang tak terlalu banyak. Anda hanya perlu menyediakan mesin cuci, setrika, deterjen, pewangi pakaian, dan peralatan serta bahan lain. Selain itu, Anda juga perlu menyisihkan dana khusus untuk gaji karyawan. Dengan modal sekitar Rp8 juta, Anda bisa menjalankan usaha ini.

Perlu diperhatikan, bahwa biaya tersebut belum termasuk biaya untuk menyewa lokasi usaha. Biar tak perlu mengeluarkan uang sewa bangunan, Anda dapat menggunakan rumah sendiri untuk menjalankan usaha ini. Apalagi, kalau lingkungan di sekitar rumah tinggal Anda banyak ditempati oleh para mahasiswa dan pegawai swasta. Dijamin, usaha laundry kiloan ini bisa memperoleh banyak pelanggan.

5. Berjualan pulsa dan paket internet

Jenis bisnis sampingan untuk karyawan selanjutnya adalah menjalankan usaha jual pulsa serta paket internet. Bisnis ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Apalagi, modal utama yang Anda perlukan untuk menjalankan usaha berjualan pulsa dan paket internet hanya berupa smartphone.

Saat ini, Anda bisa menjumpai layanan aplikasi yang menawarkan pemilik smartphone untuk berjualan pulsa dan paket internet dengan cara mudah. Peluang untuk mendapatkan keuntungan dari usaha ini juga sangat besar. Apalagi, di era modern seperti sekarang, tingkat penggunaan pulsa dan paket internet begitu tinggi. 

Selanjutnya, Anda tinggal menawarkan layanan penjualan pulsa dan paket internet itu kepada teman, saudara, atau rekan kantor. Semakin tinggi angka penjualan, maka semakin banyak pula penghasilan tambahan yang bisa Anda peroleh.

Nah, dari 5 pilihan ide bisnis sampingan karyawan tersebut, mana jenis usaha yang cocok untuk Anda jalankan? Selamat memulai langkah menjadi pengusaha, ya!



Ilmu Website

Menyediakan materi pembelajaran gratis seputar Belajar HTML , Belajar Jquery , Belajar PHP , Belajar SEO , Tutorial Wordpress , Tutorial Membuat Website , Web Development, Internet Marketing, Sosial Media Marketing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar