Mana Yang Lebih Dulu Di Indeks Google ? HTTP atau HTTPS ?!

Salam, http:// protokol internet yang sudah sangat akrab untuk Anda, sudah barang tentu ANda melihat tulisan tersebut dimana-mana. Mulai di address bar hingga di berbagai media promosi lainnya.

Sedangkan yang satunya yakni https:// ada penambahan s dibelakangnya, mungkin sebagian kecil ada yang belum mengetahui pasti apa yang disebut dengan https:// . Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjabarkan apa yang dimaksud dengan http:// dan https://

HTTP

Merupakan kependekan dari Hypert Text Transfer Protocol, yang merupakan sebuah sistem komunikasi yang akan menghubungkan antara client dan server.

Dengan adanya http:// akan memungkinka adanya komunikasi dan pertukaran informasi yang dilakukan antara server dan client, http:// merupakan standar umum yang digunakan dalam mengakses sebuah halaman website. Client akan memanggil kode website yang tersimpan di dalam sebuah server. Client yang dimaksud disini adalah browser yang digunakan oleh seseorang untuk membuka sebuah halaman website.

HTTPS

HTTPS merupakan penggabungan antara http yang telah kita bahas sebelumnya dengan SSL ataupun TLS protokol. Tidak seperti http, semua interaksi yang terjadi antara client dan server akan dienkripsi ketika menggunakan https, hal ini bertujuan untuk mengamankan data yang keluar dan masuk saat komunikasi terjadi. Para hacker akan dengan mudah mencuri data dari client yang menggunakan format http.

Dengan adanya https, pencurian data akan menjadi lebih sulit karena https telah dienkripsi sebelum ditampilkan ke client. 

Mana Yang Lebih Dulu Di Indeks Oleh Google

Dalam masalah index mengindex, melalui blog resminya https://googlewebmastercentral.blogspot.co.id/2015/12/indexing-https-pages-by-default.html. Google mengumumkan bahwa akan menjadikan https sebagai format default yang digunakan saat mengindeks sebuah halaman website. Di dalam blog resminya tersebut google memberi pengumuman bahwa mereka sedang menyesuaikan sistem pengindex kami untuk mencari terlebih dahulu halaman HTTPS sebelum HTTP secara lebih spesifik. Bahkan ketika kedua URL dari domain yang sama memiliki kontek yang agak sama namun disajiokan dalam dua format protokol yang berbeda, URL yang menggunakan HTTPS lah yang terlebih dahulu di indeks.

Dari pengumuman tersebut sudah sangat jelas bahwa HTTPS akan lebih SEO friendly dibanding dengan HTTP kedepannya. HTTPS akan terlebih dahulu ditampilkan jika memiliki kondisi sebagai berikut :
  1. Tidak mengandung dependensi yang tidak aman.
  2. Tidak memblokir crawling dengan robot.txt.
  3. Tidak mengarahkan pengunjung ke atau dari sebuah halaman HTTP yang tidak aman.
  4. Tidak memiliki sebuah link rel=”canonical” ke halaman HTTP.
  5. Tidak memiliki on-host outlink ke URL HTTP
  6. Sitemap memiliki daftar URL HTTPS atau tidak terdapat daftar versi HTTP
  7. Server memiliki sertifikat TLS valid
  8. Kondisi pertama adalah salah satu yang besar, bahwa halaman tidak termasuk “dependensi tidak aman”. '

Banyak halaman termasuk gambar tidak aman, embeds, video, dll.

Hal ini merupakan upaya Google untuk mengamankan website. Dengan mengetahui hal hal seperti ini anda tentunya akan lebih bisa menentukan mana yang seharusnya anda gunakan, 

Demikian dan semoga bermanfaat. 

Irfan Maulana



Terbatas! Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android. Hanya Rp 195.000 (Total 4 DVD, 20GB). Info lengkap klik disini

Video Tutorial Paket Lengkap Mahir Web Dev dan Mahir Membuat Aplikasi Android ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development + pembuatan aplikasi Android yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer + mobile app developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, AngularJS, Cordova, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar:

  1. https memang lebih baik ya dibandingkan dengan http, cuman sayangnya kalau pakai domain TLD kita harus beli lagi ya biar bisa dapet https

    Salam,
    Kreasikan

    BalasHapus