Lebih Dalam Menganalisa Trafik Website dengan Alexa Rank

Terbatas hanya sampai 25 Mei 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Kemungkinan besar bagi Anda yang sudah lama memiliki website betul-betul penuh harap akan alexa rank yang ramping bagi website Anda. Dan memantau alexa setiap hari menjadi pekerjaan rutinan. Mengapa? Ya karena memang alexa yang menyusut lah yang diharapkan.

Perihal mengapa bisa seperti itu kita akan bahas satu demi satu. Sebagaimana yang umum diketahui bahwa alexa internet merupakan asuhan dari Amazon. Pada awalnya memang alexa disediakan bagi para penggiat Internet Marketing sebagai layanan berbayar yang menyediakan data-data seputar trafik website. Seputar visitor.

Apa yang menjadi ketertarikan orang untuk masuk ke dalam website Anda. Meskipun sebetulnya dengan google analytics yang gratis pun Anda sudah bisa menganalisa, tapi alexa memiliki keunikan tersendiri dalam penyajiannya, sehingga ada beberapa yang kemungkinan tidak di sajikan di google analytics.

Mari kita kupas satu demi Alexa yang versi free-nya.

Alexa Rank, Global dan Regional Rank

Kita akan menganalisa alexanya milik ilmuwebsite.com. Kunjungi terlebih dahulu http://www.alexa.com/siteinfo/ilmuwebsite.com . Jika Anda ingin menganalisa website yang lain silahkan ganti saja ilmuwebsite.com dengan yang lain.

Lalu lihat gambar di bawah ini ...



Di sana terlihat Global Rank Ilmuwebsite.com adalah 123,614. Ini artinya ilmuwebsite memiliki ranking 123,614 di dunia. Dengan kata lain semakin padat trafiknya maka semakin ramping pula, atau semakin kecil Alexa.

Karena memang alexa melihat berapa banyak trafiknya. Tidak hanya melulu visitor yang banyak, tapi ada faktor-faktor lain.

Jika kita bandingkan dengan Facebook maka Facebook memiliki Global rank 2.



Jadi Facebook merupakan situs terpadat di dunia setelah Google. Intinya semakin  padat merayap trafik website mengakibatkan semakin ramping pula alexanya. Kemudian di samping angka 123,614 terdapat angka 38,788



di mana ini merupakan nilai perbandingan adanya kenaikan dari 3 bulan sebelumnya. Jika dilihat kenaikkannya berarti bulan lalu alexa ilmuwebsite adalah 162,402, kemudian naik sebanyak 38,788 menjadi 123,614. Angka ini sangat diperlukan ketika Anda ingin membandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya.

Dan di bawah nya kita lihat ada Rank in Indonesia. Sebesar 1016.



Sehingga ilmuwebsite masuk ke dalam 1016 situs terpadat di Indonesia. Sebagian besar di kunjungi oleh orang Indonesia. Apabila dibandingkan dengan kaskus kita lihat



Kaskus memiliki global rank 314, dari Angka ini saja kaskus sudah bisa mendapatkan puluhan milyar pendapatan setiap tahunnya. Dan alexa Regionalnya in Indonesia kaskus adalah situs urutan ke 7 yang paling banyak di kunjungi oleh orang-orang Indonesia. Jutaan visitor berkunjung ke kaskus setiap harinya.

Bounce Rate, PageView per Visitor, Daily Time On Site

Selanjutnya adalah untuk Bounce Rate, PageView per Visitor, Daily Time On Site seperti pada gambar di bawah ini ...


Pada artikel ini saya tidak akan menjelaskan perihal bounce rate secara mendetil tapi paling tidak, jika Bounce Rate semakin kecil maka semakin baik, dalam hal ini ilmuwebsite.com memiliki bounce rate 33,10%. Bounce Rate itu diambil dari seberapa lama user bertahan di halaman website milik Anda.

Semakin besar maka semakin buruk. Ada beberapa faktor yang membuat bounce rate Anda menjadi besar, yakni :
  1. Pengunjung membuka halaman lain dengan mengganti URL
  2. Pengunjung langsung menutup browser
  3. Pengunjung menekan tombol Back pada browser
  4. Pengunjung mengklik salah satu link di halaman blog anda

Yang menyebabkan bounce rate besar salah satunya seperti artikel kurang menarik, atau halaman website Anda lambat di akses, terlalu lama loading, tampilan kurang menarik. Lebih ke faktor usernya. Sehingga untuk membuat bounce rate Anda bagus paling tidak harus memanjakan user.

Selanjutnya ada Daily PageView pervisitor, adalah berapa rata-rata halaman yang dikunjungi oleh satu visitor perharinya, ilmuwebsite memiliki 3,9 halaman. Kurang lebih artinya jika ada 2500 visitor perhari maka 9750 halaman yang diakses setiap harinya oleh visitor yang datang ke ilmuwebsite.

Dan selanjutnya adalah Daily Time On site, semakin tinggi semakin bagus, karena itu adalah satuan waktu berapa lama kebanyakan visitor melihat isi website Anda. Entah itu membaca konten, video dan lain-lain. Paling tidak semakin bagus konten Anda, memaksa user untuk bertahan lama di website Anda. Apalagi jika Anda memiliki konten yang banyak dan bagus-bagus dan bermanfaat bagi banyak visitor yang datang.

Audience Geography 



Di bagian ini hanya dijelaskan seberapa banyak visitor dari suatu negara, ilmuwebsite hampir 90% nya berasal dari Indonesia. Entah ISPnya Indonesia, atau memang sisanya itu adalah bot :D. Atau sisanya adalah orang-orang Indonesia yang berada di luar negeri. Entahlah. Tapi paling tidka ketika Anda melihat berapa persen orang mengakses disitulah server Anda diletakkan. Jangan sampai ketika yang mengakses itu kebanyakan dari Indonesia tetapi servernya di letakkan di negeri Antah berantah.

Search Trafic


Dari mana pengunjung ilmuwebsite datang, ternyata 16.70% itu datang dari Search Engine, user mencari. Apakah betul angka 16.70%, alexa memiliki perhitungan sendiri untuk bisa menghasilkan segitu. Dan orang-orang yang berdatangan ke ilmuwebsite.com berasal dari keyword-keyword di samping kanan. Namun jika Anda menganalisanya lewat Google Analytics hasilnya beda lagi. Paling tidak ini versi alexa. Jika Anda ingin mendapatkan keseluruhan informasinya Anda bisa memilih paket berbayar yang disediakan oleh alexa.

Upstream Sites

Kemudian kita lihat lagi gambar di bawah...


Ternyata sebelum orang berkunjung ke ilmuwebsite.com, orang terlebih dahulu mengunjungi website-website tersebut. Yang datang dari ilmuwebsite.com kebanyakan adalah dari Google.co.id, Facebook, Google.com, kaffah.biz, dan terakhir via kaskus.co.id. Dari sinilah Anda bisa memaksimalkan lagi, seperti berpromosi lebih giat lagi. Agar semakin banyak visitor di website Anda. Di samping membuat konten semakin banyak namun betul-betul yang bermanfaat bagi user.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, jika Anda menginginkan informasi lebih detil lagi, Anda bisa memilih paket berbayar yang disediakan oleh alexa.

Saya tidak akan menjelaskan keseluruhan fitur dari Alexa, namun paling tidak dengan Alexa rank yang sudah saya jelaskan, Anda bisa mengukur website Anda, untuk bisa di optimalisasi lagi, dari segi penyediaan konten, dan promosinya tentunya. Memiliki Alexa yang tinggi pun tidak terlalu berguna jika Website Anda tidak mendapatkan penjualan, tidak bisa menjual. Ada banyak orang yang saya kenal, memiliki blog yang bagus namun alexanya tidak terlalu tinggi namun memiliki omset ratusan juta setiap bulannya. Padahal pengunjungnya pun tidak sampai ribuan perhari. Hanya sampai ratusan saja. Jadi jika Anda seorang pebisnis alexa yang ramping bukan acuan untuk melakukan penjualan. Tapi ketertarikan akan visitor untuk membeli produk atau menjadi reseller produk Andalah seharusnya.

Namun jika Anda menginginkan blog Anda menjadi tempat agar orang-orang pemilik produk bisa beriklan di website Anda ini beda lagi persoalannya. Saya amati ada beberapa blogger seperti bersamadakwah.com mendapatkan lebih dari 15jt perbulan hanya dari jasa pasang iklan saja. Dan banyak blogger yang pendapatannya lebih dari itu setiap bulannya. :). Pastinya memiliki alexa yang ramping. Jadi jika website Anda tidak punya produk pun bisa menghasilkan banyak uang dari hasil alexa yang ramping tadi.

Selamat memeras keringat untuk pengorbanan selanjutnya. :)

Semoga bermanfaat.

Loka Dwiartara
Founder kaffah.biz

Terbatas hanya sampai 25 Mei 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Ilmu Website

Menyediakan materi pembelajaran gratis seputar Belajar HTML , Belajar Jquery , Belajar PHP , Belajar SEO , Tutorial Wordpress , Tutorial Membuat Website , Web Development, Internet Marketing, Sosial Media Marketing

6 komentar:

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==