Cara Membuat Blog : Langkah Mudah Untuk Pemula Bag. 1

Salam,berbicara tentang bagaimana cara membuat blog tentunya bukan merupakan masalah yang besar untuk orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia Internet khususnya Website. Namun, beda halnya untuk para pemula (orang yang baru terjun ke dunia website).

Untuk itulah disini ilmuwebsite.com akan mencoba membantu anda yang ingin Belajar CaraMembuat Blog, dan secara gratis pula tentunya.

Disini saya akan mencoba menjelaskan caramembuat blog dengan bahasa yang sesederhana mungkin, dengan harapan Anda yang tak mempunyai latar webmaster (sebutan untuk orang yang jago bikin website) sekalipun mampu mengikuti Tutorial mengenai Cara Membuat Blog ini.

Baiklah langsung saja kita mulai tutorial mengenai cara membuat blog yang.


Perlu dicatat, ketika Anda ingin membuat blog di Blogger, maka email yang harus digunakan adalah Gmail,  boleh Yahoo Mail ataupun email dari Microsoft , mengapa? Karena Blogger.com merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh google yang membatasi hanya akun email google saja yang bisa menikmati layanan layanan google.


1. Hal pertama yang harus Anda persiapkan tentunya adalah Email dari Google, atau kita sering menyingkatnya Gmail.


Saya yakin 101% dari Anda sudah memiliki Akun Gmail, maka disini saya tak perlu menjelaskan lagi cara membuatnya. Khusus (spesial) untuk Anda yang belum punya akun Gmail Maka Anda bisa mendaftar langsung di  https://accounts.google.com/SignUp?service=mail&hl=id&continue=http%3A%2F%2Fmail.google.com%2Fmail%2F%3Fpc%3Dtopnav-about-id

2. Setelah Anda menyiapkan Akun Gmail yang akan Anda pakai untuk Membuat Blog, maka langkah selanjutnya tentu saja kita harus mengunjungi situs untuk membuat blog tersebut.


Sesuai judul yang saya buat yaitu Membuat Blog di Blogger, maka disini kita akan mengunjungi situs http://www.blogger.com, walaupun blogger.com ini bukan satu-satunya tempat untuk membuat blog. Kerana masih ada tempat untuk membuat blog lain, yang juga gratis, diantaranya adalah Wordpress dan Mywapblog.

3. Setelah kita sampai di Blogger.com maka kita akan disuguhkan halaman depan seperti ini.

Inilah alasan mengapa tadi saya terlebih dahulu memastikan kepada Anda untuk memiliki akun Gmail, kerana jika tak punya, maka tentunya kita hanya akan berhenti pada Halaman depan Blogger ini (service login).
4. Lanjut, saya anggap tadi Anda sudah bisa menembus pertahanan Google (service login) tersebut.
Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman selanjutnya. Disana Anda akan melihat akun google termasuk foto profil di email atau pun di google plus. Untuk membuat blog langsung klik Buat Profil Blogger Terbatas


5. Setelah itu Anda bisa meng-klik tombol selanjutnya atau lanjut ke blogger, disana Anda akan di arahkan untuk membuat blog.Isi Nama Tampilan Klik Lanjutkan Ke Blogger

6. Setelah masuk pada halaman utama (home) Blogger, klik tombol New Blog atau Blog Baru yang ada di sebelah pojok kanan atas layar monitor Anda.

7. Nanti akan muncul Pop Up seperti gambar dibawah ini.


Tinggal Anda isi Judul dengan Judul Blog dan Alamat dengan Alamat Blog. Ohya, pastikan saat Anda memilih Nama Blog, muncul Simbol Check berwarna biru di sebelah kanan, kalau muncul tanda atau Pentung berwarna merah itu artinya nama Blog yang Anda pilih sudah digunakan orang lain.
Langkah akhir tinggal Anda klik Buat Blog atau Create blog!

Sampai disini sebenarnya kita sudah berhasil Membuat Blog . Namun belum maksimal, karena belum memaksimalkan tampilan blog dengan menyentuh XML atau Template dari Blog yang baru saja kita buat, jadi jika Blog yang baru saja kita buat dibuka, maka Tampilannya akan masih sederhana.

Untuk cara mendekorasi blog dan segala macamnya, akan saya bahas di Artikel selanjutnya ya, kerana mengingat judul yang saya buat hanyalah untuk membahas , bukan cara Mendekorasi Blog.
J  jadi tunggu saja Trik lainnya hanya di ilmuwebsite.com

Untuk anda yang ingin mempelajari dan memiliki Memiliki Keahlian layaknya seorang Master dalam  Blogging ? yuk ikuti Program Kursus Digital Marketing (Blogging & Advertising)

Vian Atzu
KaffahBiz Team


Posting Komentar

2 Komentar