5 Hal Yang Perlu Dilakukan Agar Konten Menghasilkan Banyak Visitor

Tutorial Premium Mahir Web Development Membangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android (4 Project + Upload Playstore)

Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Salam, bagaimana kabar Anda hari ini? Lama sekali tak bersua di kanal bisnis.ilmuwebsite. Kanal di ilmuwebsite yang membahas seputar masalah maksimalisasi bisnis menggunakan media IT.

Kami mohon maaf karena kesibukan penulis ilmuwebsite hanya memiliki waktu sedikit untuk sharing lewat tulisan. Namun sharing itu harus menjadi komitmen.

Sebelum masuk ke inti pembahasan ada yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu mengenai alasan dari pokok pembahasan kali ini, mengapa masih berhubungan dengan konten? Atau ada sebagian yang masih bertanya apa itu konten?

Jelasnya memang konten dan pengetahuan / informasi atau sebutan yang lain sangat-sangat diperlukan oleh setiap orang. Di masa lalu penyediaan konten dan pengetahuan hanya terjebak pada buku cetak, kertas koran, gulungan film, semua orang membutuhkannya setiap hari. Agar tidak ketinggalan informasi, yang menghasilkan gagap informasi.

Untuk mendapatkan informasi, dahulu kala, orang harus duduk di depan TV , membawa-bawa buku cetak kemana hendak pergi, dan semua hal yang menghabiskan waktu dan tempat. Metode konvensional dalam mengakses konten dan pengetahuan, atau kini kita menyebutnya dengan informasi.

Selain mengakses informasi, begitu juga dalam pembuatan informasinya, sangat menyusahkan dan ribet, kita membutuhkan kamera yang besar, tape recorder, pena dan juga kertas. Percetakan media yang sangat mahal untuk menghasilkan konten, hanya pemilik koran saja yang mampu mencetak informasi dalam jumlah banyak. Namun hari ini semua orang bisa membuat konten dengan mudah, dan biayanya pun murah. Terlebih lagi ketika adanya social media. Yang dahulunya orang itu mencari informasi, saat ini kebanyakan user itu lah yang disediakan informasi ketika dia tergabung dengan social media.

Tapi secara garis besar, kesimpulannya adalah "setiap orang membutuhkan konten/pengetahuan/informasi setiap hari"

Jika Anda Memiliki Bisnis, Bangunlah Marketingnya Menggunakan Marketing Konten 

Banyak orang menginginkan hal yang instan, dan cepat. Sebagai contohnya "Saya punya produk / jasa, dan ingin cepat menghasilkan", sedangkan dari cost untuk marketing minim sekali bahkan tidak ada, sehingga melakukan SEO namun tidak mengikuti rulenya yang malah pada akhirnya mengundang pinalti dari search engine semacam google.

Perlu Anda ketahui bahwa menuai hasil itu membutuhkan waktu yang lama dan komitmen serta kegigihan serta komitmen yang kuat untuk terus memperjuangkannya, begitu juga dengan berbisnis menggunakan media online.

Kita telah mengetahui bahwa orang-orang hari ini mengkonsumsi informasi yang disajikan melalu social media, sehingga yang perlu Anda lakukan adalah buatlah konten marketing, yang kemudian distribusikan melalui social media.

Jaringan social media dalam 10 tahun terakhir telah menghasilkan banyak perhatian media, dan kita pun mengkonsumsinya, layaknya kebutuhan sandang pangan dan papan. Bukan begitu?

Dan Anda sebagai seorang business owner / pemilik bisnis, menggunakan social media ini untuk mendistribusikan marketing konten yang Anda miliki, baik itu berbentuk video, tulisan, maupun gambar, yang mana hal ini akan memuluskan kegiatan berbisnis Anda.

Semua marketing menggunakan sosial media dilakukan secara soft, elegan, tidak memaksa, namun memberikan informasi yang bermanfaat bagi user.

Peluang Maksimalisasi Bisnis Dari Konten Marketing Hari Ini

Kita telah lihat banyak sekali pengusaha netpreneur, yang diusia mudanya itu sudah menghasilkan puluhan, ratusan juta bahkan hingga milyaran perbulannya menggunakan media Internet, yang tentunya hal tersebut di picu oleh kesadaran bahwa konten adalah media marketing yang paling jitu. Karena semua orang mengkonsumsi konten.

Menurut Internet World Stats http://www.internetworldstats.com/stats.htm




Penetrasi internet di Asia itu baru 34,7% dari total penduduk. Sedangkan menurut survey dan ramalan pemilik raksasa internet bahwa seluruh penduduk dunia akan online. Di indonesia sendiri orang yang sudah bertransaksi online itu hanya dilakukan oleh 6,5% dari total penduduk yang sudah online yakni 82jt orang. Sekitar 5,3jt orang yang sudah melakukan transaksi online. Menurut Jack Ma, CEO dari alibaba.com, salah satu orang terkaya di china, mengatakan bahwa seluruh penduduk dunia nanti akan bertransaksi online.

Luarbiasa sekali, hanya dari 5,3jt penduduk indonesia yang sudah bertransaksi online saja sudah bisa menghasilkan bukalapak.com yang omset perharinya mencapai 570jt, kemudian keuntungan bersih kaskus pertahuan yang mencapai 80M, dan banyak lagi pengusaha .com di indonesia yang sukses di usia muda, hanya mengandalkan 5,3jt penduduk yang sudah bertransaksi online.

Lalu Hal Apa Yang Harus Diperhatikan 

1. Memetakan Strategi dan Pasar

Anda harus mengerti Pasar yang ingin Anda targetkan. Hal ini sangat penting sekali menentukan langkah Anda berikutnya, baik dari menyediakan konten untuk pasar spesifik tersebut, maupun menyediakan produk yang nantinya bisa dijual memanfaatkan dari konten marketing. Jelasnya ketika misalkan target pasar Anda dibidang kesehatan, maka kontennya pun harus mendukung bidang kesehatan ini.

Di samping harus mengerti pasar, Anda pun harus memetakan goal seperti apa yang ingin Anda capai. Apakah hanya sekedar ditemukan, atau difollow social medianya, disubscribe layanan email newsletternya, atau hingga kepada penjualan yang tidak sekali, namun berkali-kali.

Dan Anda pun harus bisa memilih platform atau tools yang tepat, yang nantinya digunakan dalam pembuatan konten dan distribusi konten marketing tersebut. Paling tidak dua pilihan tempat bernaungnya konten, seperti blogger ataupun wordpress sudah cukup.

Selanjutnya Anda harus membuat target pencapaian dalam 12 bulan, apa yang menjadi goal dan lain sebagainya, semuanya harus dituliskan. Agar nantinya hal ini menjadi acuan, sehingga Anda tidak lengah, dan tau apa yang harus dilakukan selama 12 bulan kedepannya.

2. Membuat Konten Super Dahsyat Yang Different

Sepertinya muluk-muluk sekali ketika harus mengatakan konten super dahsyat dan ingin beda pula. Tapi paling tidak dalam pembuatan konten ini ada beberapa yang bisa Anda lakukan :
  1. Konten yang meng-Edukasi, Anda bisa artikel yang bermanfaat dan mengedukasi, ilmu pengetahuan
  2. Entertain, hal-hal yang lucu dan menyenangkan
  3. Menginspirasi, ANda bisa membuat artikel yang menggiring user atau pembaca Anda untuk terinspirasi dan take action
  4. Terus Update, jangan lupa komit untuk terus membuat update konten, setiap hari, 
  5. Konversi / moneytize, tidak cukup sampai poin ke empat, Anda pun harus menargetkan konten yang bisa mengkonversi pembaca menjadi pembali, kita akan bahas pada artikel yang berbeda 

3. Optimalisasi Konten

Sebagaimana social media tempat untuk mendistribusikan konten, kontennya sendiri perlu di optimalisasi. Dan beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk dapat mengoptimalisasi konten, diantaranya :
  1. Membaca dan Melihat, untuk bisa mengoptimalisasi konten, Anda harus betul-betul mengerti bagaimana ciri dari konten yang memikat itu, caranya adalah dengan membaca dan melihat. Paling tidak tujuan pembuatan konten adalah, orang tertarik untuk membaca atau melihatnya.
  2. Search Engine, hal ini perlu dilakukan, karena biasanya untuk blog atau website baru, bisa mengandalkan search engine untuk mendapatkan visitor. Dan para user pun bisa menemukan Anda / website Anda salah satunya menggunakan search engine, jadi Anda perlu mengoptimalisasi konten sesuai dengan kaidah SEO On Page.
  3. Konversi , jangan sampai semua konten yang Anda buat tidak menghasilkan konversi kepada pembelian. Paling tidak sediakan satu atau dua konten yang condong ke pada penjualan, namun tetap halus, hingga user tidak menyangka jika Anda sedang jualan. Kita akan bahas nanti, artikel yang mampu mengkonversi pengunjung menjadi pembeli.

4. Marketingkan Konten Ke Semua Tempat

Konten hanya sekedar konten saja jika tidak dimarketingkan, dan Anda tidak akan mendapatkan Apa-apa jika konten tersebut tidakdimarketingkan, lalu bagaimana cara mendistribusikan konten tersebut? Ada 4 hal yang bisa Anda lakukan.
  1. Social Media, distribusi konten harus dilakukan dengan social media, dalam facebook misalnya terdapat fans page, biasanya para likers sudah percaya dengan fanspage yang diikutinya, dan bisa terjadi penjualan di sana, paling tidak bagaimana caranya social media Anda menjadi gemuk, likers atau follower yang banyak namun tetap tertarget.
  2. Email, Anda bisa menggunakan email marketing untuk mendapatkan user yang loyal, caranya dengan mengirim email berisi ebook gratis namun bermanfaat dan berkualitas. Ebook, bukan yang lain
  3. Search Engine, nah optimalisasi search engine pun perlu, karena website atau blog Anda akan dikunjungi orang jika mereka sebelumnya telah mencari, sehingga, memaksa website Anda masuk ke dalam halaman pertama search engine sangat diperlukan
  4. Partnership, nah Anda pun perlu menjalin kerjasama dengan blogger-blogger sehingga nanti ada link di sana, sesama blogger biasanya solidaritasnya lebih tinggi. Dan sudah barang tentu pertemanan sesama blogger menghasilkan trafic yang semakin banyak

5. Tetap berekperimen

Tetaplah bereksperimen, jangan berhenti di satu titik, karena dunia terus berkembang, dan informasi dan ilmu pengetahuan selalu saja ada yang baru, jadi jangan pernah berhenti bereksperimen, atau Anda akan ketinggalan, dan semua yang telah Anda bangun akan musnah perlahan.

Sekian saja hal yang perlu Anda lakukan, semoga bermanfaat.

Loka Dwiartara
Founder kaffah.biz
admin Ilmuwebsite.com

Tutorial Premium Mahir Web Development Membangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android (4 Project + Upload Playstore)

Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Ilmu Website

Menyediakan materi pembelajaran gratis seputar Belajar HTML , Belajar Jquery , Belajar PHP , Belajar SEO , Tutorial Wordpress , Tutorial Membuat Website , Web Development, Internet Marketing, Sosial Media Marketing

3 komentar:

  1. Permisi admin, permisi semuanya.

    PROMO AKHIR TAHUN 2015.

    Yang butuh Bank Online PayPal atau Rekening PayPal yang terverifikasi menggunakan kualitas di atas VCC Murah, VCC Biasa, VCC Reguler, VCC AVS.

    Jasa Pembuatan & Verifikasi PayPal, Neteller secara legal, sah dan resmi.
    PayPal terverifikasi dengan menggunakan kualitas di atas VCC Umum, VCC Murah, VCC Biasa, VCC Reguler, VCC AVS, yaitu Virtual Prepaid VisaCard/MasterCard Sesuai Identitas Asli.

    Dengan Virtual Prepaid VisaCard/MasterCard Sesuai Identitas Asli maka yang Anda dapatkan adalah:
    – Full akses ke bank penerbit virtual prepaidnya.
    – Full akses ke virtual prepaidnya.
    – Dapat username dan password virtual prepaidnya.
    – Nama kita sesuai Ktp tertera di badan virtual prepaidnya
    – Bisa direload/isi ulang atau top up virtual prepaidnya.
    – Masa aktif 3 tahun resmi visacard/mastercard.
    – PayPal sekali terverifikasi maka seumur hidup terverifikasi.
    – Dapat card statemen atau transaksi histori resmi yang nama kita tertera di card statementnya.
    – Bank penerbit virtual prepaidnya terlink ke PayPal jadi aman.
    – Bisa digunakan untuk belanja online disemua merchan VisaCard/MasterCard.
    – Dll.

    Selengkapnya: https://www.facebook.com/nababan.nerdi/posts/10203433167769634

    Very-very fast respond: https://www.facebook.com/nababan.nerdi

    HP: 085761117413 | 085310709525 (SMS ONLY)

    Terima kasih admin.

    BalasHapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==