Inilah 12 Tips Blogging Dari Para Blogger Sukses Tingkat Nasional & Dunia

Salah satu dari sekian banyak hal yang membuat blogger sukses dan memiliki support komunitas yang kuat adalah kemurahan dan kerendahan hati.

Seperti yang kita lihat dalam diri blogger-blogger seperti max manroe, mas sugeng, ndoro kakung.

Blogger-blogger yang sukses di kancah nasional, walaupun para pembacanya mengetahui bahwa blogger tersebut telah mengalami puncak pencapaian tetapi mereka kerapkali bermurah hati untuk menyajikan informasi-informasi sangat bermanfaat yang tentunya dibuat dengan kerjakeras dan keteraturan.

Untuk mendapatkan pencapaian sukses seperti blogger yang tadi saya sebutkan biasanya para blogger melakukannya "learning by doing" dari tips-tips yang beredar di jagad maya, namun yang jelas tidak semua tips sebetulnya bisa diterapkan.

Berikut inilah tips-tips yang sangat efektif di terapkan oleh blogger untuk sukses dengan bloggingnya adalah :
  • Mendapatkan mindset yang benar, bagaimana menjadi seorang blogger 
  • Mencari ide dan tentunya inspirasi
  • Menulis dengan jelas dan persuasif
  • Optimasi Halaman Websitenya
  • Mengetahui Cara Meningkatkan Visitor
  • Mengetahui apa yang diinginkan pembacanya
  • Membuat koneksi sesama blogger
  • Jadi Blogger yang beda
Kurang lebih itu adalah tips yang sangat efektif untuk langsung diterapkan. Namun selain tips di atas, kali ini ilmuwebsite akan menjabarkan tips-tips blogging dari para blogger sukses tingkat dunia. Siapa saja mereka dan apa saja tipsnya ? Simak lebih lanjut ...

1. Berani Bermimpi Besar (Brendon Burchard) 

Brendon mengatakan jangan sampai membiarkan Anda hanya disibukkan oleh rutinitas kehidupan yang membosankan. Berbeda halnya jika Ada memiliki visi dan misi dalam hidup Anda membuat sesuatu yang besar dan bermanfaat bagi banyak orang, niscaya Anda akan terus menerus berusaha mewujudkannya sampai kehidupan Anda sendiri musnah. Namun beranikah Anda bermimpi besar? Mimpi dengan Visi dan Misi yang tentunya akan mengubah hidup Anda, dan mengubah lingkungan Anda, bahkan mengubah dunia.

2. Bingkailah Rasa Takut Anda (Naomi Dunford)

Menjadi cemas bukanlah suatu kesalahan , dengan kata lain Anda betul-betul sangat memperdulikan sekali kinerja Anda. Dan jika Anda mampu mengkoordinir rasa takut Anda menjadi energi positif, maka kecemasan tidak lagi jadi kendala tapi mengantarkan Anda merealisasikan mimpi Anda. Naomi Dunford seorang blogger tingkat dunia mengatakan "Rasa takutlah yang membuat Anda terus hidup untuk mewujudkan mimpi Anda"

3. Mulailah Sebelum Anda Betul-betul Siap (James Clear)

Kebanyakan orang itu tidak siap ketika akan memulai melakukan sesuatu yang penting, apalagi orang bertipikal perfeksionis, menunggu ketika diri betul-betul siap melakukan hal tersebut. Contohnya ya seperti menulis misalkan, orang mempersiapkan banyak hal terlebih dahulu sebelum bisa memulainya, sampai pada akhirnya malah tidak siap terus-terusan.

Sehingga yang harus dilakukan adalah, mulailah sebelum Anda betul-betul siap. Dampaknya Anda bisa bekerja dengan tantangan, kebingungan dan tekanan di saat yang sama. Tapi justru hal tersebut adalah waktu yang tepat, karena Anda jadi tahu kelemahan Anda sendiri dan akan bisa dengan mudah merevisinya di hal yang akan datang.

4. Tahu Siapa Yang Akan Anda Jangkau (Chriss Borgan)  dan Tahu Apa Yang Audiense Inginkan (Corbet Barr)

Setiap orang biasanya asik ketika membicarakan dirinya dan apa yang sedang dilakukannya, termasuk blogger, tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian pembaca menyukai hal ini, membaca kisah hidup seorang blogger, namun sebagian besar pembaca lebih menyukai sesuatu yang tentunya membuat dirinya sendiri menjadi lebih baik, untuk kepentingan pribadinya, sesuati dengan hobinya, dan bidangnya.

Sehingga sudah sewajarnya jika blogger itu tidak melulu menulis mengenai dirinya sendiri, namun menulis mengenai apa yang orang inginkan, tentunya di bidang yang Anda kuasai. Eksperimen yang Anda lakukan ditulis dari sudut pandang ke tiga, sehingga Anda tidak terdengar seperti seorang egois yang membicarakan diri sendiri.

Jika Anda seorang backpacker, tulislah tips-tips untuk mendaki gunung semeru yang telah Anda lakukan dan pastinya bermanfaat dan ditujukan kepada para backpacker lainnya.

5. Selalu Belajar Dan Jangan Pernah Berhenti Belajar (Jon Morrow)

Seperti yang kita tahu bahwa di atas langit, selalu ada langit, dan tentunya masih ada langit-langit lainnya yang lebih tinggi. Begitupun dengan ilmu. Seperti yang telah dilakukan oleh Jon Morrow, belajar dengan cepat cara mendapatkan uang dari smartest blogger, belajar dari ahlinya, ketika hal itu selesai dilakukan , ia tetap terus menerus belajar. Dengan cara membaca lebih banyak buku, dan diskusi dengan banyak ahli. Ketika beristirahat sejenak pun ia manfaatkan untuk berfikir, dari buah pikiran inilah dijamin akan jadi tulisan yang sangat keren. Dia menambahkan, tulislan konten untuk blog orang lain, agar Anda bisa mendapatkan audiense yang Anda inginkan dari blog orang lain tersebut.

6. Jangan Hanya belajar (James Chartland)

Belajar saja tidak cukup menurut James Chartland, kuncinya sebetulnya adalah hasil, sehingga ketika Anda belajar, langsung saja di implementasikan dengan segera. Ekseperimen apa yang telah Anda pelajari. Jika Anda mempelajari bagaimana mengoptimasi website, maka lakukan lah segera. Implementasikan langsung.

Jika Anda mempelajari bagaimana cara membuat judul blog yang bagus, dan menarik audiense, lakukan segera, implementasikan di blog Anda.

7. Menolong Pembaca Untuk Mencarikan Jalan Solusi (Darren Rowse) 

Sangat penting sekali bagi seorang blogger untuk menolong pembacanya memberikan satu solusi dari dua hal yang sedang dihadapi. Misalnya membandingkan dua produk atas dua jasa, mana lebih baik dari keduanya. Atau menghadapi dua cara menghadapi sesuatu mana yang lebih baik dilakukan. Dan semuanya ditulis berdasarkan pengalaman Anda. Orang lain akan mengalami masalah yang sudah Anda hadapi, ketika Anda menuliskannya dengan benar dan tentunya memberikan solusi yang bermanfaat, maka Anda dan blog Anda akan memiliki posisi penting dalam hati pembacanya.

8. Jelaskan Pengalaman Anda (Ishita Gupta)

Ketika Anda menjadi seorang blogger, secara tidak langsung akan menjadi mentor tidak langsung, dengan kata lain setiap tulisan Anda akan menjadi masukkan bagi pembaca Anda, sehingga ketika Anda menjelaskan pengalaman Anda terhadap sesuatu, menggunakan sesuati, melakukan sesuatu, dampak dari itu semua mungkin menjadi jawaban solusi bagi para pembaca yang akan mengalami itu semua. Sebagai contohnya ketika Anda akan pergi ke suatu tempat, apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan menjadi semacam mapping bagi orang sesudah Anda. 

9. Tampilkan Kepribadian Anda (Ash Ambirge) & Dan menulislah dengan Emosi (Jon Morrow)

Setiap blogger berbeda, dalam menulis Anda harus memiliki khas Anda sendiri, bagaimana Anda berpikir, bagaimana Anda menganalisa, bagaimana Anda mengamati, bagaimana Anda memberikan solusi, bagaimana Anda berbicara seolah-olah pembaca itu ada dihadapan Anda mendengarkan Anda langsung. Dan semuanya itu demi satu tujuan, memberikan suatu manfaat untuk orang lain.

Menulislah dengan emosi, menangis tertawa, bercanda, pembaca akan merasakannya, memikirkannya dan terus membaca apa yang Anda tulis. Ketika itu bermanfaat untuk mereka, maka mereka akan terus merindukan tulisan Anda berikutnya.

10. Respon Cepat Para Komentar Blog Anda (Neil Patel)

Salah satu dari kunci sukses moneytize, selain content adalah conversation. Diskusi dan pembicaraan mengawali adanya connection. Sehingga menjawab komentar blog Anda dengan cepat membuat para pembaca betul-betul yakin bahwa ada orang dibalik tulisan. Dan Anda betul-betul memperlakukan pembaca dengan amat baik. Setelah itu koneksi akan terjadi. Sehingga Anda sudah memenuhi syarat untuk masuk ke syarat berikutnya sebelum betul-betul memonetize.

11. Buatlah Koneksi dengan Silaturahmi Ke Sesama Blogger (Scott Dinsmore)

Silaturahmi memperbanyak rezeki, ketika Anda memiliki koneksi ke sesama blogger, bukan hal yang mustahil blogger tersebut memberikan Anda ruang untuk bertukar trafic . :). Trafic adalah uang. Bukan begitu? B-)

12. Jadi Blogger Yang Beda, Terus Berinovasi dan Jangan Pernah Menyerah (Marikxon Manurung)

Jangan suka meniru orang lain, terinspirasi boleh, memang ini hal yang wajar, biasanya para blogger pun sering terinspirasi dari blogger dan pebisnis online lainnya. Namun ketika bangun blog, Anda harus memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh blogger lain. Dan masing-masing blogger pasti memiliki keunikan, ini yang membuat blog Anda disukai atau tidak disukai visitor. Silahkan cari perbedaan Anda sendiri.

Blog atau website akan terus berkembang jika ada inovasi yang dilakukan pemilikinya. Dan inovasi bisa berbagai macam, mulai dari desain, konten, sampai strategi promosi, dan lain-lain. Berusalah dalam membangun blog seolah-olah Anda adalah blogger professional sekaligus pebisnis, nanti lama-lama Anda pasti akan jadi blogger professional dan pebisnis sungguhan.

Banyak pemula yang menyerah ketika melihat blognya stagnan dan tidak menunjukkan perkembangan signifikan atas trafik yang masuk. Atau mungkin blognya mengalami DEINDEX Google (ngeri). Seringkali hal ini membuat capek hati, dan sekaligus sakit hati. Yang malah membuat malah malas belajar, malas menulis. Fokus pada goal Anda. Rata-rata blogger fokus itu paling tidak bisa mengantongi belasan hingga puluhan juta setiap bulan (normalnya). Tidak ada yang tidak mungkin untuk Anda.

Semoga bermanfaat.

-dari berbagai sumber-

Posting Komentar

13 Komentar

  1. Membaca artikel Tips Blogging diatas membuat saya termotivasi..
    Tapi untuk menjalani aktivitas blogging dibutuhkan semangat yang luar biasa..
    terkadang juga rasa jenuh muncul untuk menulis artikel..
    sepertinya saya sering kehabisan ide-ide untuk mengupdate blog saya..

    Trims sudah berbagi tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan rasa ada jenuh, karena blogging sangat menjanjikan pak. selamat berjuang

      Hapus
  2. no 8 ny gak ada min,, hahahah,, #stayfokus

    BalasHapus
  3. waah kereeenn,,, ^_^
    Makasih infonya,, sangat bermanfaat buat yang semangatnya up and down hehehe,,
    Salam kenal,,
    kalo lagi jalan-jalan, mampir ke semangatbundacio.blogspot.com yaa
    skalian komentarnya biar semangat ngeblognya hahaha,,, ^_^

    BalasHapus
  4. hai min, saya suka dengan info ini. kebetulan saya suka nulis juga, tapi cuma saya simpen di komputer data, my document. pengen buat website seperti ini, tapi saya buta IT. kalo mimin sempat saya mau nanya2 japri. invite me bbm pin 53739750. tengkyu

    BalasHapus
  5. Artikel yang sangat menarik min :) izin share di blog saya ya min, Rencana saya mau ATM nih artikel, tapi sudah terlalu lengkap jadi kebingungan sendiri, cara ATM nya he he. Tapi tenang aja min saya kasih link dua bahkan. Sy harap jika admin tidak berkenan mohon konfirmasinya ya.

    Terima Kasih



    Arane Aangtofa - FullBlogging.Com

    BalasHapus
  6. thanks infonya gan..
    mampir ya di adinata-23.blogspot.com untuk update seputar jaringan

    terima kasih

    BalasHapus
  7. No 8 dimakan apa min, kok bisa gak ada hehe...

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat gan kunjungi blog saya juga:
    https://gudangtipsdancara.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus