Yuk! Kenali 2 Pondasi Dasar Internet Marketing! Bag. 2 - Habis

Terbatas hanya sampai 25 Juli 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Pada pembahasan sebelumnya mengenai Pondasi Dasar Internet Marketing, masih dalam artikel berjudul "Yuk! Kenali 2 Pondasi Dasar Internet Marketing!",

Saya telah menjelaskan secara gamblang, dan tidak ditutupi-tutupi bahwa pondasi dasar internet marketing yang pertama dan paling utama adalah Konten, Anda bisa simak lebih lanjut di artikel tersebut.

Betapa pentingnya konten yang pada akhirnya menggiring banyak orang menjadi visitor / pengunjung tetap blog Anda, dan mungkin juga menjadi follower loyal pada akun sosial media yang berhubungan dengan blog Anda.

Interaksi = Pondasi Dasar Yang Juga Sangat Utama

Oke, kita akan lanjut pembahasan pada artikel lanjutan kali ini. Pembahasan mengenai pondasi yang kedua dan paling utama. Apakah itu? INTERAKSI. Ya interaksi menggiring visitor Anda menjadi calon pembeli produk atau jasa yang Anda tawarkan, atau setidaknya menjadi user loyal / member loyal / visitor loyal, yang membantu Anda mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Interaksi yang seperti apa sih? Sebelum di bahas interaksi, jika Anda telah membaca ebook Internet Marketing yang saya gratiskan sebelumnya, yakni Ebook Belajar SEO : Menaklukan Rimba SEO & Internet Marketing terdapat sebuah istilah yang sebagian orang menganggap asing, sebagian yang lain mungkin familiar.

Betapa pentingnya SEO Off Page dalam kegiatan Internet Marketing. Namun bagi sebagian orang yang belum mengerti secara jelas konsep dasar sekaligus pondasi dasar internet marketing, SEO Off Page yang dilakukan itu memiliki banyak sekali langkah teknis yang memakan waktu, menyulitkan, dan jika orang tersebut tidak bisa melihat target dari pencapaian yang akan diraih bisa jadi merasa bahwa SEO Off Page itu kegiatan yang membosankan, karena terlalu banyak rule, batasan, harus melakukan ini itu, yang begini begitu.

Namun dipastikan jika sudah mengerti bahwa Interaksi itu begitu pentingnya untuk di lakukan, pada akhirnya menganggap SEO Off Page adalah salah satu bentuk interaksi yang mampu menggiring banyak orang untuk datang ke blog atau website dan pada akhirnya para visitor ini dengan mudah di konversi menjadi calon visitor loyal atau calon pembeli loyal.

Lalu bagaimana sih interaksi itu ?

3C = Interaksi Sesungguhnya

Okelah misalkan Anda sudah memiliki blog atau website yang memiliki banyak sekali konten berkualitas. Berkualitas di sini bukan berkualitas menurut google crawler, atau bot sejenisnya. Tapi berkualitas di sini yakni  orang merasa artikel yang ada di blog atau website Anda itu betul-betul sangat solutif, bermanfaat, dan pada akhirnya orang akan kecanduan mencicipi artikel-artikel yang disajikan dalam rentang waktu harian.

Setelah memiliki website yang berkualitas, Anda tetap harus melakukan interaksi agar blog atau website yang Anda telah buat ini betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh lebih banyak orang, lebih banyak visitor. Karena memang begitulah konsep dasar dari internet marketing, berbagi informasi. Berbagi hal yang bermanfaat.

3C yang pertama adalah Conversation. Maksudnya bagaimana dengan Conversation? Jika Anda sudah membuat Konten yang bagus, berarti Anda harus memiliki wadah agar orang mendiskusikan materi yang terkandung dalam artikel tersebut, artikel yang bagus tentunya menarik perhatian orang untuk bercakap-cakap di dalamnya. Wadah tersebut bisa dalam bentuk sosial media, forum komunitas, atau juga fasilitas komentar yang ada di blog Anda khususnya di bawah artikel tersebut.

Akun Sosial media yang memiliki banyak follower sudah barang tentu memiliki tingkat keaktifan yang sangat tinggi di bandingkan dengan yang followernya sedikit, tidak melulu hanya mentweet semata, atau membuat status semata, tapi berinteraksi dengan pemilik akun-akun lainnya yang menyebabkan suksesnya akun tersebut. Conversation, bercakap-cakap.

Apa yang dilakukan oleh Collis Taed di awal munculnya tutsplus, hingga memiliki pendapatan bersih hampir 1M setiap bulannya patut juga Anda lakukan. Memberikan solusi atas masalah-masalah orang-orang yang berinteraksi di forum-forum sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Sederhana saja, bidang Anda apa ? Dan cari forum yang khusus membahas bidang Anda tersebut, lalu cari orang yang memiliki masalah, Anda buatkan solusinya dalam sebuah artikel, dan undang orang-orang yang memiliki masalah tersebut untuk membaca solusinya di blog atau website Anda. Memang ini membutuhkan effort yang luar biasa, tapi pada toh pada akhirnya, Collis Taed menjadi seorang blogger ulung yang memiliki pendapatan yang luar biasa. Dan ini pun telah dibuktikan oleh blogger-blogger Indonesia. Yang tidak bisa saya sebutkan nama-namanya. :).

Connection, setelah banyak percakapan dilakukan, entah itu antara Anda sebagai penulis dengan pembaca, atau antara pembaca dengan pembaca, tapi pada akhirnya mereka semua ini menjadi terkoneksi, dan cara alami terbentuklah jaringan pasar Anda sendiri. Ya ini sudah jelas dan pasti. Buktinya misalkan dalam sosial media, seberapa banyak teman yang Anda add/tambahkan itu berasal dari ketertarikan Anda akan status teman dari temannya teman Anda? Menjadi pasar!

Pada intinya memang koneksi akan terjadi jika sudah ada konten menarik, dan pembicaraan yang juga menarik. Terjadilah Connection.

Yang terakhir adalah Continuity. Jika Anda memiliki blog yang bagus, dan bermanfaat, apalagi interaksinya sudah sedemikian tinggi, dipastikan bahwa orang akan terus-terusan datang ke blog atau website Anda. Karena ada semacam adiktif dalam website Anda. Ketergantungan pada akhirnya.

Paling tidak memang, interaksi adalah faktor utama yang membuat blog atau website Anda hidup. Hidup karena konten yang bermanfaat dan solutif, juga hidup karena hubungan Anda sebagai penulis dengan para pembaca blog/website Anda, juga hubungan dengan sesama pembaca.

Cukup melakukan apa yang sudah saya jelaskan dari awal hingga akhir saja, asal Anda konsisten melakukannya berapapun visitor yang Anda inginkan pasti Anda dapatkan. Tinggal bagaimana mengkonversinya saja menjadi pendapatan bulanan untuk Anda.

Jadi internet marketing yang benar itu tidak sekonyong-konyong Anda mempelajari SEO atau Optimasi sosial media kemudian langsung berjualan sesuka hati, tapi harus juga mengikuti aturan Konten dan Interaksi, jadi jika di gabung menjadi 4C. Content, Conversation, Connection, Continuity. Barulah bisa melakukan Commerce, penjualan. Kalo sudah mengikuti 4C ini jelas-jelas bahwa Anda akan memiliki jaringan yang akhirnya menjadi pasar yang loyal.

Ketika ada produk apapun yang Anda jual tidak perlu bersusah payah keliling-keliling untuk menawarkannya satu persatu. Cukup beritahu saja ke jaringan Anda, niscaya visitor loyal akan menjadi marketer secara tidak sadari, maupun disadari. Pastinya produk atau jasa yang ditawarkan harus benar-benar sesuai dengan target pasar.

Jika website Anda membahas otomotif, dan Anda konsisten membranding blog Anda dengan semua hal yang berbau otomotif, maka orang pun akan dengan senang hati membeli produk atau jasa dari blog / website yang Anda tawarkan, ketimbang membeli dari tempat lain yang belum ada rasa trust/kepercayaan di dalamnya.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Loka Dwiartara
Founder kaffah.biz
Admin ilmuwebsite.com

Terbatas hanya sampai 25 Juli 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Ilmu Website

Menyediakan materi pembelajaran gratis seputar Belajar HTML , Belajar Jquery , Belajar PHP , Belajar SEO , Tutorial Wordpress , Tutorial Membuat Website , Web Development, Internet Marketing, Sosial Media Marketing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==