Inilah 7 Alasan Yang Menyebabkan Blog Anda Tidak Sukses a.k.a Gagal!

Tutorial Premium Mahir Web Development Membangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android (4 Project + Upload Playstore)

Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Sebelum masuk ke dalam topik pembahasan, alangkah baiknya Anda melihat terlebih dahulu cuplikan video yang menginspirasi para blogger.

Kampung blogger, yang diprakarsai oleh Sumbodo Malik, Kampung Blogger.


Setelah melihat video tersebut ada banyak pertanyaan di benak Anda. Tapi yang paling dominan adalah bagaimana agar diri ini menjadi seperti para bapak ibu ade-ade yang muncul di video tadi? Betul begitu? Anda yang sudah sering melihat kisah sukses para blogger pun terinspirasi untuk mencari dan mengikuti jalan dan caranya. Namun lagi-lagi kesalahan yang umum terjadi pada diri blogger adalah, cuma semangat di awal, lalu melempem selanjutnya, dan mati semangat di kemudian hari, bahkan blognya benar-benar mati pada akhirnya. Naas sekali. Ironi karena melihat realita kehidupan di sekitar lingkungan Anda.

Padahal sudah jelas-jelas banyak orang yang sudah mencapai kesuksesan dari blogging ini. Sukses secara finansial, mendukung bisnis online. Sukses juga mendapatkan hasil manisnya berbagi, tidak mesti materi tapi juga pahala dari ilmu yang dibagi-bagikan.

Lalu bagaimana agar Anda tidak hilang arah ? Berikut inilah yang harus diperhatikan dalam blogging, agar Anda tetap pada jalur yang benar.

1. Tidak Percaya Diri = Tidak Pernah Siap = Tidak Akan Pernah Bisa Beraksi

Kesalahan yang umum pada pemula, tidak percaya diri. Tidak percaya diri ketika akan meshare apa yang pernah dibuat. Baik itu artikel maupun karya. Alasannya karena belum siap, masih banyak yang kurang, takut salah dan lain lain sebagainya.

Ini adalah alasan klasik yang bercokol pada diri para pemula. Mungkin Anda saat ini mengalaminya? Lebih baik di hindari. Caranya? James Clear, seorang blogger sukses tingkat dunia, memberikan pernyataan, anjuran, atau bisa dibilang pemaksaan tapi baik. Mengatakan "Mulailah Sebelum Anda Betul-betul Siap".

Memulai ketika dalam kondisi "tidak pernah siap" sangat menguntungkan sekali, karena Anda akan belajar dari ketidaksiapan Anda. Anda bisa berimprovisasi, Anda memiliki pembanding, dari kondisi yang Anda alami dengan kondisi yang seharusnya di lakukan. Anda bisa melakukan tambal sulam atas langkah-langkah yang menurut Anda salah. Anda bisa melakukan revisi. Dan banyak keuntungannya. Jadi, mulailah, tidak usah di tunda. Dan satu lagi jangan ada perasaan merendah yang terlalu lebai, seperti "Gw mah apa atuh?". Jika Anda bisa memaksimalkan potensi diri sendiri, berapa pun penghasilan yang Anda mau dari blogging, bisa Anda capai.

2. Merasa Konten Sudah Bagus

Jika point kesalahan pertama sudah dilakukan, nah poin yang ini harus diperhatikan. Kesalahan terbanyak dari blog adalah kontennya. Jika di poin pertama Anda diharuskan untuk percaya diri, nah di sini Anda dianjurkan Jangan Terlalu Percaya Diri, pikirkan orang lain.
Beberapa kesalahan utama pada konten di blog yang tidak sukses.

  1. Penyajian artikelnya monoton, Anda tidak memiliki khas, tidak memiliki kepribadian. Sehingga pembaca yang melihat tulisan Anda seolah sedang membaca buku panduan penataran P4. Kantuk meradang.
  2. Isinya tidak ada, poin yang di sajikan dalam konten tidak ada, sehingga tidak berbobot, hanya menceritakan tentang masalah pribadi misalnya yang tidak bisa di ambil satupun isinya di dalamnya, tidak mengandung manfaat. Solusinya Anda harus menulis agar pembaca bisa mengambil manfaat. Pembaca adalah prioritas dan paling utama.
  3. Membosankan, berbahaya jika sudah seperti ini, kemungkinan visitor tidak Akan datang kembali. Artikel yang jenuh membosankan bisa di siasati dengan kalimat-kalimat yang mengajak pembaca berfikir, atau Anda mengajak pembicara berdiskusi dengan dirinya sendiri. Sedikit humor sangat bagus untuk menghilangkan ngantuk.
  4. Terlalu di optimasi, nah yang seperti ini biasanya malah membuat pembaca malas untuk membacanya. Karena artikel susah untuk di baca. Jadi optimasi seperlunya saja. Silahkan baca artikel tentang 100% Seo On Page di ilmuwebsite.com di ebook http://www.ilmuwebsite.com/ebook-belajar-seo-menaklukan-rimba-seo-internet-marketing

3. Tidak Memiliki / Mengikuti Passion dan Tidak Memiliki Visi dan Misi

Kebanyakan blogger mengawali sesuatu hanya karena ingin menyediakan informasi yang kala itu sedang trend, sedang di cari banyak orang. Tanpa memikirkan apa yang sebetulnya Anda kuasai, Anda sukai, dan Anda betul-betul passion hal tersebut. Apa itu passion ? Silahkan baca selengkapnya di sini http://bisnis.ilmuwebsite.com/2014/08/hidup-dengan-passion-tanpa-visi-misi.html
Dari pada menyediakan sesuatu yang tidak Anda kuasai, lebih baik blogging tentan yang Anad passion saja.

4. Tidak Memprioritaskan Pembaca

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya blogging itu adalah penunjang bisnis online. Berawal dari visitor yang jadi pembaca, kemudian di moneytize. Sehingga pembaca atau pengunjung adalah faktor utama suksesnya blogging. Tujuan utama bukan hanya mendatangkan pembaca atau visitor untuk datang. Tapi bagaimana caranya agar pembaca atau visitor menikmati apa yang ada di blog, dan terus-terusan datang menunggu update konten yang selanjutnya.

Konten harus menomor satukan pembaca. Tamu adalah raja. Begitulah seharusnya.  Selain itu pula harus diperhatikan dari segi desain, kecepatan loading, jumlah gangguan dari iklan atau pop-up. Tidak perlu desain yang bagus yang memusingkan pembaca, tapi desain yang nyaman dilihat, membuat mata refreshing. Jadi sebelum berharap pengunjung banyak datang, dan menjadi visitor loyal, silahkan hal ini diperhatikan.

Defini “Datang terus-terusan” disini yang saya maksud bukan dari mesin pencari atau social media, tapi datang karena kunjungan yang pertama mendapatkan manfaat dan akhirnya malah jadi keterusan.

5. Tidak Menjalin Silaturahmi dengan Blogger Lain dan Jarang Promosi

Jangan harap Anda menginginkan blog Anda sukses tapi tidak menjalankan silaturahmi kepada sesama blogger. Bukankah rezeki itu dimulai dari silaturahmi? Dengan Blogwalking. Blogwalking itu sangat luar biasa besar sekali dampaknya, karena ketika Anda datang berkomentar, setelah sebelumnya Anda membaca artikel si tuan rumah, maka orang-orang yang mengunjungi blog tersebut juga pasti akan melihat komentar Anda, yang pada akhirnya saling mengunjungi balik. Dan blog Anda akan jadi terkenal karenanya. Luar biasa bukan? Selain blogwalking Anda pun harus menjalankan promosi, Silahkan baca http://bisnis.ilmuwebsite.com/2015/01/konten-marketing-tanpa-dimarketingkan.html

6. Sangat Terobsesi Dengan Uang +  Tidak Memikirkan Uang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa blogging adalah sarana yang menunjang bisnis online Anda. Sehingga Anda pun harus mengetahui bisnis online apa yang akan Anda jalankan. Yang jelas blog memang harus benar-benar bermanfaat untuk orang lain, terutama untuk juga pastinya. Ada 4 hal yang bisa anda jual di blog :
  1. Produk Buatan Anda Sendiri
  2. Produk Milik Orang Lain
  3. Pengunjung, dengan kata lain memasang iklan
  4. Diri sendiri. Menjual diri sendiri bisa dalam bentuk jasa atau BRAND (yang pada akhirnya akan membuka peluang usaha atau kerja)

Tapi ingat jika Anda adalah pemilik blog baru, yang bertujuan untuk mendatangkan duit, jangan terobsesi terlalu cepat. Mengalir saja, jangan terlalu memasang banyak iklan. Jadi utamakan pembaca.  Pengunjung blog anda benci dengan hal seperti ini. Mereka benci dengan website berisi iklan, mereka juga benci website yang isinya hanya promosi-promosi-promosi.

Fokus dulu dengan konten dan promosi, ketika anda sudah punya pembaca yang setia barulah mulai proses monetisasi.

7. Tidak berinvestasi / Kehilangan Fokus

Inilah penyebab kegagalan blogger terbanyak, semangat di awal, pada akhirnya melempem dan mati. Karena apa? Anda tidak berinvestasi, tidak berinvestasi waktu, tenaga dan pikiran. Hanya sekedar waktu sampingan yang jarang dipikirkan? Ini salah sekali. Pada akhirnya Anda kehilangan fokus, dan tidak semangat. Solusinya jika sudah seperti ini? Kembali pada jalur yang sebenarnya. Anda harus betul-betul menginvestasikan diri Anda demi blogging, demi kelancaran kedepannya, demi bisnis online Anda agar lancar. Demi Anda bisa bekerja dengan santai di rumah, namun tetap berpenghasilan luar biasa.

Semoga bermanfaat.


Loka Dwiartara
Tutorial Premium Mahir Web Development Membangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android (4 Project + Upload Playstore)

Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Ilmu Website

Menyediakan materi pembelajaran gratis seputar Belajar HTML , Belajar Jquery , Belajar PHP , Belajar SEO , Tutorial Wordpress , Tutorial Membuat Website , Web Development, Internet Marketing, Sosial Media Marketing

16 komentar:

  1. Nice Post :), Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Ilmu Komputer
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Jurnal Serupa yang bisa anda kunjungi
    di http://ejournal.gunadarma.ac.id , Happy Sharing :D

    BalasHapus
  2. Wahh harus dihindari nih.
    Kunjunganya ya di www.situsaya.com

    BalasHapus
  3. Terimakasih Masukannya Gan....
    Ane masih sangat Newbie, memang Harus banyak belajar dari anda....
    Klo Sempet.., silahkan mampir di Lapak ku di h905.blogspot.com
    Mohon Saran dan kritik tentang Lapak sy ya Gan....., Terimakasih....

    BalasHapus
  4. Siip gan saya hampir seperti itu, mudah mudahan saya semangat lagi, thanx

    BalasHapus
  5. Visit Back gan
    Free Download Template Blogger
    http://www.adarateam.com

    BalasHapus
  6. setidaknya setiap blog hasrus lebih progresif dengan visi yang di buat..
    yang penting dedikasikan blog untuk kebutuhan visitor :)


    maaf mas.. ini sekedar blog edukasi artfalsafah.blogspot.com.. mohon sarannya

    BalasHapus
  7. masukan yang luar biasa gan buat saya yang baru newbie gini :3
    artikelnya keren pokoknya

    http://www.network-technology.ga

    BalasHapus
  8. Nomor 7 saya sering mengalami.
    Sekarang sedang berusaha agar tidak terulang lagi.

    BalasHapus
  9. Ini artikelnya benar2 ngebantu haha saya jadi dapet banyak pelajaran. Makasih banyak ya, oh iya saya juga ada blog. Mungkin bisa dikunjungi....

    abbirahmani.blogspot.com

    Blognya berisi cerita2 series yang saya tulis sendiri, saya masih butuh banyak saran buat blog saya, jadi terima kasih sekali lagi

    BalasHapus
  10. Ini artikelnya benar2 ngebantu haha saya jadi dapet banyak pelajaran. Makasih banyak ya, oh iya saya juga ada blog. Mungkin bisa dikunjungi....

    abbirahmani.blogspot.com

    Blognya berisi cerita2 series yang saya tulis sendiri, saya masih butuh banyak saran buat blog saya, jadi terima kasih sekali lagi

    BalasHapus
  11. Ini artikelnya benar2 ngebantu haha saya jadi dapet banyak pelajaran. Makasih banyak ya, oh iya saya juga ada blog. Mungkin bisa dikunjungi....

    abbirahmani.blogspot.com

    Blognya berisi cerita2 series yang saya tulis sendiri, saya masih butuh banyak saran buat blog saya, jadi terima kasih sekali lagi

    BalasHapus
  12. Matur nuhun mas.. Ilmunya bermanfaat buat saya bloger pemula..
    Suksesblog2015.blogspot.co.id

    BalasHapus
  13. bermanfaat sekali untuk saya agan ,,,, mohon mampir ya di www.sisbrogaptek.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Asli keren banget gan, terimakasih telah membantu membuka wawasan saya. Saya hanya ingin menambahkan, di artikel ini humornya kurang. hehe
    maaf ya gan. www.downloadgratize.blogspot.com

    BalasHapus
  15. Memang susah sekali membuat web atau blog kita bisa selalu di senangi pembaca dan bisa tampil di halaman 1 Google, ternyata saya harus banyak belajar terus ya Gan.. terima kasih
    http://www.paketkreditmobilhonda.com/honda-mandiri-bogor

    BalasHapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==