Ide Startup Bisnis Keren Berawal Dari Masalah Di Sekitaran


Percaya atau tidak namun ide-ide keren yang digunakan dalam membangun startup itu berawal dari masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitaran Anda. Ya.

Sebutlah perusahaan raksasa Internet sekelas google, permasalahan kala itu adalah kesulitan orang-orang ketika akan mencari informasi dari website, itu harus kemana dulu awalnya. Karena website kala itu belum di klasifikan dalam database website secara rapi. Baru sekedar direktori-direktori saja yang tentunya susah sekali jika ingin mencari informasi, harus mengunjungi satu persatu, tanpa menggunakan fitur semacam pencarian, begitulah Sergey Brin dan Larry Page hadir memberikan atas solusi permasalahan tersebut.

Begitu juga dengan Mark Zuckerberg yang memiliki konsep untuk mengonlinekan kegiatan bersosial orang-orang ke dunia online. Berawal dari idenya, buku tahunan di kampusnya. Dan berbagai masalah-masalah di sekitarnya, seperti status jomblo atau tidaknya, kemudian ketertarikan akan apa ditunjukkannya bagaimana, semuanya di racik dan di ramu ke dalam sosial media yang luar biasa populer saat ini, facebook.

Begitu juga dengan Steve Jobs dan yang mirip-mirip yakni Bill Gates, memiliki visi misi yang kuat, menjadikan komputer untuk dipakai di rumahan, padahal kala itu komputer sebesar rumah.

Semua founder mendapatkan ide bisnisnya dari masalah-maslaha sekitarannya, yang harus dicarikan solusinya.

Startup lokal pun begitu halnya, sama dengan Andrew Darwis + sepupunya Ken Dean, yang gemar melakukan sharing, kala itu anak muda Indonesia yang kuliahan di luar negeri butuh tempat komunikasi yang semuanya itu ada, baik di Indonesia maupun diluar negeri. Sampai saat ini kaskus betul-betul telah menjadi komunitas terbesar di Indonesia.

Banyak sekali startup-startup Indonesia yang juga memiliki permasalahan yang sama di sekitarannya yang kemudian dijadikan sebagai Ide untuk startup bisnis, seperti Aulia Halimatussadiah yang memudahkan para penulis menerbitkan hasil karyanya di nulisbuku.com, kemudian ada Selina Liman dengan urbanesia.comnya. Kemudian ada mantan programmer kaskus yang punya ide brilian menuangkannya ke dalam mindtalk.com.

Dan banyak lagi yang lainnya, pastinya semuanya yang dilakukan betul-betul memiliki awal. Bersusah payah, tidak langsung senang begitu saja.

Lalu Bagaimana Mencari Ide StartUp Bisnis?

Startup Bisnis Online itu tidak melulu harus sesuatu yang memiliki sistem informasi yang keren, namun dengan blog sekalipun Anda sudah bisa memberikan solusi atas suatu permasalahan. Namun bagaimana mencari Ide Startup Bisnis? Mudah saja, hobi/passion Anda apa? Misalkan otomotif. Banyak orang yang membutuhkan informasi seputar otomotif, bahkan montir yang sudah ahli sekalipun. Sebagai contoh banyak orang yang mencari spare part yang memang stoknya itu sudah didapatkan, yang ada malah melakukan subtitusi, dan kebanyakan info mengenai subtitusi spare part itu disembunyikan. :D. Memang begitu.

Lalu solusinya? Cukup membuat blog saja, dan Ada terus menerus melakukan pembahasan mengenai otomotif di blog Anda, kegiatan di bengkel, substitusi spare part antar motor, kemudian kegiatan modifikasi body motor, dan banyak lagi. Semua informasi khusus membahas otomotif.

Sebagaimana pada artikel yang sebelumnya yakni Inilah Alasan Mengapa Harus Membuat Website Bertema Spesifik , visitor yang banyak dan membludak itu di karenakan oleh blog Anda yang menyediakan informasi yang sangat bermanfaat bagi para pembacanya. Yang penting Anda harus fokus terus, dan mengupdate blog Anda secara harian. Apakah dijamin visitor pun berdatangan? Jelaslah itu.

Jika sudah banyak visitor? Ya Anda bisa melakukan moneytize. :)

Bagaimana melakukan moneytize (visitor menjadi uang)? Ada pembahasan khusus pastinya, hanya di bisnis.ilmuwebsite.com.

Semoga bermanfaat

Loka Dwiartara
Admin Ilmuwebsite.com
Founder kaffah.biz

Ilmu Website

Menyediakan materi pembelajaran gratis seputar Belajar HTML , Belajar Jquery , Belajar PHP , Belajar SEO , Tutorial Wordpress , Tutorial Membuat Website , Web Development, Internet Marketing, Sosial Media Marketing

1 komentar:

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==